Ads

Negara Maju : Pengertian Dan Klasifikasi


Negara Maju : Pengertian Dan Klasifikasi

Negara Maju : Pengertian Dan Klasifikasi - Planet Bumi terdiri atas berbagai macam benua. Benua- benua di dunia ini terdiri atas berbagai negara. Negara- negara yang ada di tiap- tiap benua tidaklah sama. Negara- negara tersebut mempunyai keadaannya masing- masing yang berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya.

Perbedaan masing- masing negara ini dapat ditemukan di berbagai sisi, mulai dari keadaan alamnya atau geografisnya (baca: letak astronomis Indonesia dan letak geografis), hingga kesejahteraan masyarakatnya pun juga berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya.

Seperti halnya manusia yang hidup dengan bermacam- macam keadaan, seperti kesejahteraan yang dimiliki yang berbeda- beda, negara pun juga begitu. Ada negara yang mempunyai keadaan maju sehingga lebih unggul dari negara- negara lainnya, namun ada pula negara yang masih mengembangkan dirinya menuju keadaan yang lebih baik (sering disebut dengan negara berkembang), serta ada pula negara yang mempunyai keadaan serba kekurangan (negara tertinggal).

Masing- masing keadaan ini tercermin dari kesejahteraan rakyatnya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis negara yang mempunyai keadaan paling modern diantara negara- negara lainnya. Ya, negara yang akan kita bahas adalah negara maju. Ternyata ada banyak negara maju yang ada di dunia ini.

Pengertian Negara Maju

Kita pasti pernah mendengar mengenai negara maju. Ya, negara maju merupakan negara yang memiliki kondisi atau keadaan yang lebih baik daripada negara berkembang, ataupun negara tertinggal. Negara maju juga mempunyai masyarakat yang lebih sejahtera dengan angka kemiskinan yang paling rendah daripada dua negara dibawahnya. Negara maju ini dilihat dari kualitas negara, dan bukan besar kecilnya wilayah negara tersebut. Yang dinamapakan negara maju adalah negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi yang tinggi dan juga perekonomian yang merata. Negara maju ini biasanya dilihat dari perekonomian negara tersebut dalam persaingannya dengan negara- negara lainnya. Namun selain perekonomian, indikator- indikator untuk menetapkan negara maju ini juga ada beberapa.

Klasifikasi Negara Maju

Suatu negara, dalam menentukan status yang dimiliki oleh negara tersebut apakah termasuk ke dalam negara berkembang, negara maju ataukah malah negara tertinggal, pastilah dilihat dari berbagai sisi. Selain itu ada beberapa indikator yang menjadi tolok ukur untuk menentukan status tersebut. Beberapa indikator untuk menentukan apakah suatu negara tergolong atau masuk ke dalam kategori negara maju antara lain adalah sebagai berikut:
  • Product Domestic Bruto (PDB)
Suatu negara pasti mempuyai roda perekonomian yang menopang negara tersebut agar dapat menghidupi rakyatnya. Roda perekonomian tersebut dapat digerakkan salah satunya dengan melakukan perdagangan dengan negara lain. Dalam melakukan perdagangan, maka suatu negara mempunyai komoditinya masing- masing yang dihasilkan oleh rakyat negara tersebut dan diperoleh dari wilayah negara tersebut. Dengan demikian pastilah setiap negara mempunyai Produk Domestic Bruto nya masing- masing, yakni pendapatan yang berasal dari wilayah negara tersebut baik yang dihasilkan oleh rakyat atau masyarakat pribumi maupun masyarakat atau penduduk asing. Negara maju adalah negara yang mempunyai tingkat pendapatan yang tergolong tinggi.
  • Pendapatan Nasional Bruto (PNB)
Selain mempunyai pendapatan domestik bruto, suatu negara juga mempunyai pendapatan nasional. Jika pendapatan atau produk domestik bruto adalah pendapatan yang dihasilkan dalam suatu wilayah negara, baik oleh peduduk pribumi maupun penduduk asing, maka pendapatan nasional bruto adalah sebaliknya. Pendapatan nasional bruto adalah pendapatan yang dihasilkan oleh warga negara tersebut baik yang berada di wilayahnya maupun yang berada di wilayah asing (di luar negara tersebut). Suatu negara digolongkan menjadi negara maju apabila mempunyai pendapatan nasional bruto yang tinggi.
  • Pendapatan Per Kapita
Biasanya untuk indikateor yang berkaitan dengan ekonomi, selain pendapatan domestik bruto dan juga pendapatan nasional bruto, ada pula yang dinamakan pendapatan per kapita. Pendapatan per kapita ini justru merupakan tolok ukur yang paling pas untuk mengukur kesejahteraan masyarakat per individunya. Pendapatan per kapita merupakan pendapatan yang mencerminkan pendapatan yang diperoleh setiap individu. Pendapatan per kapita dapat dihitung dengan rumus pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk yang ada di negara tersebut. Suatu negara dikatakan negara maju apabila mempunyai pedapatan per kapita yang jumlahnya di atas garis kemiskinan. Meskipun tidak setiap warganya mempunyai jumlah pendapatan yang sama dengan pendapatan per kapita, namun pendapatan perkapita ini cukup memberikan gambaran, karena merupakan rata- rata. Ketika pendapatan per kapita jauh di atas garis kemiskinan, maka kesejahteraan penduduk pun juga akan tinggi.
  • Insfrastuktur
Negara maju selama ini yang kita bayangkan adalah mempunyai teknologi yang modern serta mempunyai infrastuktur yang memadai, fasilitas lengkap, dan lain sebagainya. Ya, negara maju mempunyai salah satu ciri yakni mempunyai infrastuktur yang memadai. Infrastuktur yang dimiliki negara maju lebih modern dan juga lebih kompleks daripada yang ada di negara berkembang. Negara maju juga mempunyai banyak bangunan yang didesain modern namun kuat. Biasanya negara maju ini mempunyai lebih banyak gedung- gedung pencakar langit, lebih banyak jalan layang dan juga gedung- gedung dengan desain baru yang tidak ada di negara berkembang.
  • Tingkat industrialisasi
Jika kita menengok mengenai negara berkembang, maka disebutkan salah satu ciri- ciri negara berkembang adalah lebih bergantung kepada sektor agraris daripada industri. Sebaliknya, di negara maju malah lebih banyak di bidang industrinya. Industrialisasi di negara maju memang meningkat sangat pesat, hal ini karena didukung oleh berbagai faktor seperti peralatan, teknologi, sumber daya manusia dan juga didukung oleh sumber daya alam. Dengan industri yang meningkat tajam dan juga maju, maka perekonomian suatu negara akan menjadi lebih baik. Industri mampu mengangkat peirekonomian negara dengan lebih cepat daripada sektor pertanian maupun bidang ekstraktif lainnya.
  • Taraf standar hidup
Taraf standar hidup yang ada di negara maju tergolong tinggi. Hal ini karena negara maju mempunyai berbagai macam kecanggihan dan juga kemjuan di berbagai bidang. Selain itu negara maju mempunyai pendapatan nasional serta pendapatan oer kapita yang tinggi. dengan demikian tidak heran apabila masyarakat di negara maju mempunyai gaya hidup yang lebih maju, lebih tinggi daripada negara- negara yang lainnya, khususnya negara yang belum maju.
Nah, itulah kiranya beberapa indikator yang digunakan untuk menentukan status apakah suatu negara tergolong dalam negara yang maju maupun negara yang berkembang. indikator- indikator tersebut harus diperhatikan dengan baik agar bisa menjadi tolok ukur yang pas. Selanjutnya kita akan mengenal berbagai negara maju yang ada di dunia, juga dari masing- masing benua.



Artikel Menarik lainnya

Post a Comment

1 Comments

  1. Indonesia sedang menuju negara maju, jika pembangunan infrastruktur berkelanjutan, tinggal pembangunan sdm yang masih jauh, terutama pendidikan...

    ReplyDelete